Ngawi, Bicara Tentang Kopi

Festival Kopi Ngawi (FKN) 2019 dihadiri langsung oleh Bupati Ngawi, Budi Sulistyono. (Foto: Pemkab Ngawi)

Ngawi- Kabupaten Ngawi memiliki beberapa wilayah yang berpotensi untuk budidaya tanaman kopi. Beberapa wilayah yang masuk ke dalam dataran tinggi di Kabupaten Ngawi terkenal dengan kopinya.

Salah satunya kopi Nangka yang berasal dari desa Ngrayudan Kecamatan Jogorogo. Kopi ini memiliki ciri khas rasa nangka, yang hanya bisa didapat dari Ngawi sehingga menjadikannya sebagai salah satu komoditas unggulan.

Minum kopi menjadi trend akhir-akhir ini dan menjadi trend bagi anak-anak muda. Padahal dulu, kopi selalu identik dengan dengan orang tua dan dinikmati untuk menghilangkan rasa kantuk.

Budibaya kopi terus mendapatkan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Ngawi. Beberapa bulan lalu bahwa pemerintah kabupaten mengadakan Festival Kopi Ngawi (FKN) 2019, Jumat – Sabtu, (18-19/10) di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi dan dibuka oleh Bupati Ngawi, Budi Sulistyono.

Festival ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kopi di Kabupaten Ngawi itu sendiri.

“Karena ngopi sudah menjadi life style, dan bagus digeluti sebagai usaha,” jelas Bupati Ngawi, Budi sulistyono.

Menurutnya, kegiatan ini selain memamerkan berbagai jenis kopi juga sebagai ajang studi banding, pasalnya pesertanya juga berasal dari luar kota.

“Tentunya bisa memberikan informasi terkait inovasi segala minuman yang berasal dari kopi, seperti ada lemon kopi dan sebagainya,” ujarnya.

Kopi dari Ngawi

Budi Sulistyono menegaskan bahwa kopi Ngawi sekarang sudah mulai dikenal. Bahkan kebutuhan akan kopi sudah melebihi produksi.

“Maka Pemerintah Daerah berinisiasi mangajak masyarakat sekitar lereng Gunung Lawu memanfaatkan lahan kosong sebagai kebun kopi rakyat,” lanjutnya.

Selain itu, masyarakat juga akan diberikan benih kopi, “Dengan begitu kebutuhan kopi lokal dan ekspor mampu tercukupi, ini akan menjadi tantangan. Dan, kita akan support ,” terangnya.

Hadir dalam acara pembukaan yang berlangsung selama dua hari ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Mokh Shodiq Triwidiyanto serta pecinta Kopi yang berasal dari dalam maupun kota luar Ngawi.

Untuk menyemarakkan acara ini, juga ada lomba Brewers Battle yang dikuti 32 Barista dari berbagai kota, dengan peserta terjauh dari Bangkalan Madura dan Jakarta.

Event dengan tagline Eling Ngopi Eling Ngawi ini ditutup dengan penampilan guest star Adi ex vokalis Band kenamaan asal ibukota yang mampu membius penonton dengan single andalannya.

Add Comment