Desa Grudo Capai Target Program Pos Gizi Tahun 2019

Kegiatan program pos gizi di Desa Grudo (Foto: Pemdes Grudo)

GRUDO, Ngawi — Pada Kamis, (12/12/2019) Program Pos Gizi Tahun 2019 Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Jawa Timur telah selesai dilaksanakan . Dari keseluruhan agenda yang telah disusun berjalan dengan baik. Target prioritas untuk penambahan berat badan menjadi hal yang patut diapresiasi.

Pada acara tersebut, hadir saat penutupan Kepala Unit Pelayanan Teknik (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Ngawi, Kader Gizi desa Grudo, Tim Medis UPT Puskesmas Kecamatan Ngawi.

Kepala Desa Grudo, Triono, menerangkan bahwa program pos gizi merupakan agenda tahunan untuk Pemerintah Desa Grudo. Itu ditetapkan mendasar dari pertimbangan pentingnya pertumbuhan fisik maupun mental untuk balita.

“Generasi Desa grudo harus di tumbuhkan sejak usia dini. Bahkan tim kesehatan di bawah bidan desa selalu melakukan pemantauan sejak dalam kandungan,” ungkapnya.

Acara tersebut berlansung selama sepuluh hari, yang menjadi sasaran dalam program ini adalah balita beserta orang tuanya. Balita sasaran mendapat pemeriksaan secara intensif, mulai dari pemeriksaan tinggi badan, kesehatan gigi hingga kesehatan lainnyan yang berkaitan dengan stunting. Pemeriksaan dilakukan oleh tim medis dari UPT Puskesmas Kecamatan Ngawi guna mendapat data yang akurat.

Ketua Penggerak PKK Desa Grudo selaku koordinator Pos Gizi , Kushartini, memberikan apresiasi pada seluruh yang terlibat pada kegiatan kali ini. Dia menilai bila kelancaran pelaksanaan kegiatan kali ini dikarenakan wujud tanggung jawab setiap personil di lini masing-masing.

“Sebagai Ketua TIM Penggerak PKK Desa Grudo saya mengucapkan terima kasih pada seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan program Pos Gizi. Dan kita sadari sepenuhnya bila masih bayak tugas yang harus diselesaikan. Namun dengan kekompakan, kita pasti mampu menghadapi seberat apapun persoalannya,” ucapnya.

Program Pos Gizi

Pos Gizi merupakan inovasi terbaru yang dilakukan oleh pemerintah dalam menanggulangi kasus kurang gizi pada balita dan termasuk program gizi berbasis keluarga dan masyarakat bagi anak yang berisiko kurang energi protein di negara sedang berkembang. Pos gizi dilakukan untuk mengurangi angka kekurangan gizi di suatu wilayah.

Pos gizi atau pos pemulihan gizi ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan Posyandu (Posyandu plus). Pos gizi merupakan salah satu kegiatan untuk melaksanakan kegiatan pemulihan dan pendidikan gizi dengan memberdayakan ibu balita agar dapat terjadinya perubahan perilaku pada ibu dalam pemberian makan, pengasuhan, kebersihan diri, dan pemberian perawatan kesehatan.

Adanya pos gizi ini diharapkan dapat berbagi pengalaman antara ibu balita atau pengasuh yang mampu secara ekonomi dengan ibu balita yang kurang mampu secara ekonomi dan sebaliknya dalam hal memberikan makanan yang bergizi, cara mengolah makanan, variasi makanan, cara mengatasi anak yang tidak mau makan dan lain-lain.

Di berbagai daerah yang telah mengadakan pos gizi menunjukkan hasil yang baik. Kegiatan pos gizi dapat meningkatkan status gizi balita yang ditandai dengan bertambahnya berat badan.

Hasil studi dari Yuni Fira Larasaty mahasiswi Peminatan Gizi Masyarakat, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang berjudul ‘Evaluasi Kegiatan Pos Gizi pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Cisauk Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang Tahun 2016’ diperoleh hasil, bahwa kegiatan pos gizi dilihat dari inputnya masuk dalam kategori rendahnya, hal ini dapat dilihat dari kemampuan kader yang kurang terlatih, tidak lengkapnya alat dan fasilitas, penggunaan dana dicukupkan dengan dana yang tersedia, dan penyebaran informasi terkait pos gizi hanya dilakukan di Posyandu.

Kegiatan pos gizi dilihat dari prosesnya, belum diterapkannya pendekatan Positive Deviance (PD) dalam proses pelaksanaan, dan pemantauan berat badan setelah kegiatan pos gizi selesai di Posyandu. Kemudian, kegiatan dilihat dari outputnya, masih belum tercapainya tujuan pertama dari pos gizi dalam pemulihan anak kurang gizi.

Add Comment