FASI ke XI Desa Jatirejo, Antusiasme Peserta Luar Biasa

Kegiatan FASI ke XI di Desa Jatirejo (Foto: Desa Cangakan)

JATIREJO, Ngawi — Dalam rangka mencetak generasi Qur’ani, Dewan Pengurus Kecamatan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( DPK – BKPRMI) Kecamatan Kesreman bertempat di Balai Desa Jatirejo menggelar Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke XI pada Minggu (15/12/2019).

FASI adalah agenda 3 tahunan BKPRMI yang dilaksanakan semua pengurus mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupeten dan bahkan nasional. Untuk Kecamatan Kasreman diagendakan bahwa pelaksanaan FASI keliling di masing-masing desa se-wilayah Kecamatan Kasreman, yang mana FASI ke X di Desa Cangakan dan giliran FASI ke XI ini di Desa Jatirejo.

Arbangi, Ketua DPK BKPRMI Kecamatan Kasreman dalam sambutanya mengungkapkan peran BKPRMI dan dasyatnya pengaruh globalisasi.

“Acara ini dilakukan agar syiar BKPRMI makin dikenal masyarakat walapun di pelosok wilayah sekaligus, dan tujuan festival ini adalah untuk membetuk generasi yang Qur’ani, beriman, dan beramal sholih untuk menghindarai pengaruh global yang sedemikan dahsyatnya berpengaruh terhadap anak-anak,” ungkapnya

FASI kali ini mengambil tema ‘Bisa juara satu, bina santri jujur, arif, ramah, sabar dan tulus’. Acara ini diikuti oleh 34 TPA BKPRMI sewilayah Kecamatan Kasreman. Diadakan perlombaan dalam 6 cabang lomba diantaranya: Nasyd Islami, Cerdeas Cermat Isalam (CCQ), Adzan dan Iqomah, Taritil Qur’an, dan Cerita Islami dengan tema Berbakti pada orang tua, serta menggambar dengan tema memakmurkan masjid.

Antusiasme Peserta Luar Biasa

Juari, ketua panitia mengungkapkan, FASI ke XI ini benar-benar luar biasa, antusiasme dan jumlah peserta yang di luar dugaan, sehingga benar-benar meriah.

“Mudah-mudahan bisa diperoleh para juara yang benar-benar berkualitas guna mewakili Kasreman di FASI ke XI tingkat Kabupaten yang akan dilaksnakan bes-k pada tanggal 23-25 Desember 2019, dan juga dapat membawa nama baik Kecamatan Kasreman,” ungkapnya.

Dalam sambutanya, Agus Suwoko, Kepala Desa Jatirejo, merasa mendapat kehormatan desanya dijadikan tempat pelaksanaan FASI kali ini. Ia berharap, semoga dengan dilaksanakan FASI di desanya dapat menjadikan motivasi bagi kegitan keagaamaan.

“Hari besar nasional harus diadakan lomba-lomba keagamaan seperti peragaan salat, baca Al Qur’an, Adzan dan Iqomah agar yang adzan di masjid itu bukan hanya orang tua saja,”ungkapnya

Dalam FASI ke XI, turut mengundang para Wali Santri, Ustaz dan Ustazah, Kepala Desa se-wilayah Kecamatan Kasreman, tokoh masyarakat, BPD dan tidak ketinggalan Forpimcam Kasreman dan yang hadir di luar target panitia sekitar 300 orang.

Joko Tri selaku Direktur LPPEKOP DPD BKPRMI Kabupaten Ngawi, dalam sambautanya sangat mengapresiasi pada DPK BKPRMI yang telah menyelenggrakan fasi sedemiikian sukses dan penghargaan yang setinggi tinginya untuk jajaran DPK BKPRMI dan segenap panitia.

Pelaksankan lomba mengambil tiga tempat untuk lomba Adzan dan Iqomah di masjid Al-Amal, CCQ, cerita islami, menggambar dan Tartil Qur’an di ruang kelas SDN Jatirejo, adapun untuk Nasyd dilaksankan dipanggung utama di Balai Desa Cangakan. Pada hari itu juga dilakukan pengumuman pemenang lomba dilakukan di TPA Baitul Mutaqin Kedungmiri.