Menjadi Kecamatan Jujukan Wisata, Kecamatan Bringin Gelar Gebyar Festival Lomba Seni Jaranan Yunior

Rapat final checking persiapan gebyar festival lomba seni jaranan yunior (Foto: Pemdes Dero)

DERO, Ngawi — Persiapan gebyar festival lomba seni jaranan yunior dalam rangka menyambut tahun baru 2020 digelar rapat final checking panitia pada, Kamis, (26/12/2019), bertempat di Gasibu Kolam Renang Waduk Pondok,  Desa Gandong, Kecamatan Bringin. Gebyar Festival Lomba Seni Jaranan Yunior akan berlangsung pada hari Rabu, 01 Januari 2020 di Area Kolam Renang Waduk Pondok.

Rapat dihadiri oleh Camat Bringin, Supriyadi, Dewan Dapil 2 selaku utusan Wabup Ngawi, Haris, Kepala Desa se wilayah Kecamatan Bringin dan beserta semua panitia pelaksana Kegiatan festival. Rapat dipimpin Ketua Panitia, Luntoro, rapat membahas pemantapan dan kesiapan akhir untuk menyukseskan kegiatan festival yang memiliki tema ‘Bringin Spektakuler’. Dalam rapat juga membehas mengenai jumlah peserta yang sudah mendaftar, tempat festival dan juga masalah kesiapan anggaran.

Camat Bringin, Supriyadi mengucapkan terima kasih kepada undangan yang hadir dan mendorong kepala desa untuk merealisasikan anggaran tahap ke tiga.

”Terima kasih kepada undangan yang hadir dalam rapat hari ini,dan sebelumnya, khusus kepada semua Kepala Desa di wilayah Kecamatan Bringin untuk segera menarik dan melaksanakan serta segera merealisasikan semua anggaran tahap ke tiga agar pembangunan di masing masing desa di akhir tahun ini bisa selesai sesuai dengan jadwal. Penggarapan kegiatan proyek pavingisasi, TPT atau lainnya harus sesuai RAB,” tegasnya.

Menjadi Kecamatan Jujukan Wisata

Terkait program Bringin Spektakuler, lanjut Camat Bringin, mengharap semua elemen masyarakat dapat mensukseskan acara ini.

“Dan terkait dengan program Bringin Spektakuler yaitu adanya kegiatan festival seni jaranan ini ,saya mengajak semua masyarakat, instansi dan terutama kades dan semua perangkat Desa di wilayah Bringin benar benar-benar bisa menyukseskan acara ini, karena saya melihat geliat seni jaranan saat ini lagi tren-tren nya dan di sangat di sukai, diminati dan serta di gandrungi terutama anak-anak, harapan saya Kecamataan Bringin menjadi Kecamataan jujukan wisata seni jaranan ataupun lainnya di Kabupaten Ngawi bahkan nasional,” harapnya.

Suntoro, mengungkapkan bahwa saai ini sudah ada 25 grup seni jaranan anak-anak yang sudah mendaftar.

“Alhamdulillah untuk peserta festival seni jaranan anak-anak sampai saat ini sudah ada 25 grup yang sudah mendaftar pada panitia, dari wilayah Kecamatan Bringin ada 21 grub dan dari luar Kecamataan Bringin 4 grub,dan untuk peserta grup seni jaranan anak-anak ini akan diambil Tiga grub sebagai juara atau pemenang yang di nilai oleh juri yang ahli dalam seni jaranan dan akan mendapatkan uang pembinaan dan semua peserta akan mendapatkan piagam penghargaan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan festival nanti akan dibuka dengan berbagai kesenian dan dihadiri pejabat pemerintahan Kabupaten Ngawi.

“Kegiatan ini nanti sebelum festival lomba Seni Jaranan Yunior yang akan di mulai pukul 08.00 WIB, penonton akan di hibur terlebih dahulu oleh Gebyar Reog dan Seni Jaranan dari Karangajati yang lokasinya terbagi di dua tempat yaitu, di area parkir luar sebelum masuk wisata kolam renang, dan satunya lagi area parkir barat wisata kolam renang Waduk Pondok. Dan nanti insyaallah kegiatan festival ini akan di hadiri oleh Bupati Ngawi, beserta Wakilnya dan Dewan Dapil 2,” ungkapnya.

Haris, Dewan Dapil 2 selaku utusan Wabup Ngawi menyampaikan, pemerintah Kabupaten Ngawi mendukung penuh acara tersebut.

“Saya selaku utusan dari Wakil Bupati menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Ngawi sangat mendukung penuh program Kecamataan Bringin Spektakuler dengan melaksanakan kegiatan seperti ini dengan tujuan menjadikan Kecamataan Bringin menjadi Kecamataan jujukan wisata di Kabupaten Ngawi apalagi Nasional. Kami juga akan mendukung dalam hal anggaran untuk kegiatan ini agar nantinya bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya.