Peran Bidan Desa di Desa Jogorogo

Kunjungan bidan desa ke posyandu (Foto: Pemdes Jogorogo)

JOGOROGO, Ngawi — Dalam rangka pembinaan rutin, Bidan Desa Jogorogo mengadakan kunjungan ke posyandu desa Jogorogo, Jumat (06/12/2019) tepatnya di posyandu Tameng Rejo, Dusun Tumpang. Dalam kunjungan turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Jogorogo, Nur Ekawati, S.E.

Kepala Desa Jogorogo , menyambut baik dan berharap ada tindak lanjut dari evaluasi dan pembinaan tersebut.

“Kunjungan ini merupakan evaluasi sekaligus pembinaan bagi para kader posyandu, agar kedepannya posyandu di wilayah desa Jogorogo semakin baik dari sisi keaktifan dan administrasi kegiatan, ungkapnya.

Evaluasi yang diberikan mulai dari penggunaan dacin, pengukuran tinggi anak, dan pengisian data di buku-buku administrasi posyandu.

Qory, perwakilan Puskesmas Jogorogo menjelaskan bahwa pengisian buku administrasi ini penting, agar langsung bisa tahu anak ini masuk dalam kategori apa.

“Kalau masuk kategori garis kuning (berat badan kurang, red) bisa langsung kita beri tahukan kepada Ibu anak, agar lebih baik memberikan nutrisi kepada anaknya,” ujarnya.

Peran Bidan Desa

Dalam Studi yang dilakukan oleh Dedi Rumawan Erlandia dan Ilham Gemiharto mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran pada Jurnal Kajian Komunikasi Volume 2, Nomor 2 tahun 2014 menjelaskan mengenai fungsi dan peran bidan desa.

Fungsi dan peran bidan desa dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat sangat penting, namun tanpa dukungan, kerjasama dan peran aktif masyarakat, upaya tersebut tidak akan maksimal.

Bidan memiliki peran sebagai sebagai pelaksana dalam pelayanan asuhan kebidanan kepada ibu hamil selama kehamilan, persalinan, dan masa nifas, kemudian pada bayi baru lahir, PUS (pasangan usia subur), pelayanan Keluarga Berencana, wanita dengan gangguan reproduksi dan menopause. Bidan berperan pula sebagai pengelola pelayanan dasar kesehatan terutama untuk pelayanan individu, keluarga, dan masyarakat. Bidan juga memiliki peran dalam mengelola program kesehatan di wilayah kerjanya.

Peran bidan selanjutnya adalah memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan tentang penanggulangan masalah kesehatan khususnya yang berhubungan dengan Kesehatan Ibu, Anak dan KB. Bidan juga memiliki peran dalam melaksanakan investigasi atau penelitian terapan dalam bidang kesehatan baik secara mandiri maupun kelompok di wilayah kerjanya.

 

Add Comment