PDAM dan Pemkab Ngawi Tanam 750 Pohon di Lereng Gunung Lawu, Ajak Masyarakat Menjaga Vegetasi Tanaman

Acara menanam 750 pohon di lereng Gunung Lawu (Foto: Pemkab Ngawi)

GIRIMULYO, Ngawi — Sebagai upaya peningkatan kualitas ekosistem lingkungan di sekitar lokasi sumber mata air Andong Desa Girimulyo, Pemerintah Kabupaten Ngawi bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ngawi gelar penanaman pohon bersama, di Dusun Kembang, Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Rabu (22/01/20).

Kegiatan  ini pertama kali secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar bersama Direktur Utama (Dirut) PDAM Ngawi, Dwi Indarto bersama Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Jogorogo serta Kades Girimulyo.

Direktur Utama PDAM Ngawi, Dwi Indarto, mengungkapkan, penghijauan dikawasan sumber air ini sangat perlu dilakukan, pasalnya saat musim kemarau panjang tahun lalu, debit air PDAM mengalami penurunan cukup drastis,

“Membuat pasokan air bersih yang sampai kota Ngawi, mengalami keterlambatan,” katanya.

Ia mengatakan, pentingnya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk masyarakat sekitar untuk menjaga sumber mata air ini.

“Penghijauan ini pentingnya luar biasa, pohon-pohon ini akarnya mampu mengikat tanah sehingga tidak mudah longsor. kemudian manfaat hidrologinya mampu mengikat air hujan sehingga tidak langsung menuju ke sungai dan menuju ke bawah, tetapi diikat kumpulan akar dari pohon ini. Kalau, kita punya banyak pohon, maka suhu udara akan sejuk serta mampu menyumbang penurunan suhu pemanasan global,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, ada kurang lebih 750 pohon resapan tinggi yang akan ditanam di sumber mata air Andong ini dan 12 sumber mata air lainnya yang ada di lereng Gunung Lawu.

Masyarakat Menjaga Vegetasi Tanaman

Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar, dalam sambutannya berpesan kepada masyarakat untuk menjaga vegetasi tanaman sudah ditanam ini.

“Dengan menjaga itu, sudah memberikan kontribusi besar untuk kelangsungan sumber mata air disini,” tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta warga untuk menanami lahan yang tersedia dengan tanaman pohon bukan digunakan sebagai lahan pertanian sayuran,

“Tanami pohon, kalau tidak punya bibitnya lapor saja, nanti kami siapkan,” tandasnya.

Pohon beringin menjadi pilihan dalam kegiatan penanaman pohon kali ini, sebab jenis tanaman ini memiliki kemampuan menyerap air lebih tinggi. Dalam kesempatan ini, wakil bupati beserta rombongan juga melihat tampungan air milik PDAM sebelum di salurkan ke rumah warga.