Pemdes Grudo Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pemerintahan, Terapkan Administrasi Berbasis ITE

Peningkatan kapasitas aparatur Desa Grudo (Foto: Pemdes Grudo)

GRUDO, Ngawi — Memasuki Tahun 2020 Desa Grudo bertekad meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahnya dengan kemampuan khusus sesuai bidang masing-masing. Hal tersebut dilakukan demi percepatan pembangunan diberbagai bidang yang masuk dalam persoalan inklusi sosial.

Sektor yang menjadi titik prioritas diantaranya kemampuan di bidang pengelolaan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Hal tersebut berkaitan dengan program Desa Grudo yang akan menerapkan administrasi berbasis ITE.

Andy Muhammad Riza, Kaur Perencanaan, mengungkapkan bahwa, pada tahun 2020 akan mengadopsi sistem administrasi berbasis ITE.

“Kita pastikan tahun ini mengadopsi sistem administrasi berbasis ITE,” terangnya.

Selain sebagai kewajiban desa dalam peningkatan kemampuan aparaturnya, hal tersebut sebagai bentuk respons dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi yang menekankan Open Sistem Informasi Desa (SID) mulai tahun 2020.

Demikian juga dengan informasi anggaran yang terbuka untuk publik. Hal tersebut menjadi bagian dari program desa di tahun 2020, dengan mengedepankan keterbukaan informasi melalui banner, media cetak atau online maupun sosialisasi langsung.

Terapkan Administrasi Berbasis ITE

Kades Grudo, Triono, mengungkapkan, bahwa Pemdes Grudo telah melakukan sosialisasi anggaran.

“Kita sudah melakukan sosialisasi anggaran melalui banner, media cetak, online maupun sosialisasi langsung dengan mengundang masyarakat,” terangnya.

Dari beberapa program administrasi Desa Grudo, sebenarnya sudah mengaplikasi ITE. Namun masih ada beberapa yang perlu di lakukan untuk meningkatkan kualitas atupun mempersingkat waktu.

Demikian halnya dengan seluruh stakeholder juga tidak lepas dari sasaran. Diantaranya kader yang perannya, bersentuhan langsung dengan masyarakat. Mereka akan dibekali dengan keahlian aplikasi untuk membantu perangkat desa.