Persiapan yang Matang, Grup Jaranan Junior Turonggo Saputro Mulyo Juara 2

Grup jaranan junior Turonggo Saputro Mulyo Desa Dero (Foto: Pemdes Dero)

DERO, Ngawi — Festival Seni Jaranan Junior di gelar, bertempat di area parkir kolam renang Waduk Pondok Desa Gandong Kecamataan Bringin, pada Rabu, (01/01/2020)

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono dan Camat Bringin, Supriyadi yang di dampingi oleh Forkimcam Bringin dan kepala desa sewilayah Kecamataan Bringin serta beberapa Dewan legislatif Dapil 2.

Festival seni jaranan junior diikuti oleh 25 grup yang telah mendaftar ke panitia. Berasal dari berbagai wilayah di kecamatan Bringin dan luar Kecamataan Bringin. Acara tersebut di gelar dalam rangka menyongsong tahun baru 2020.

Dalam pertunjukan festival itu semua perserta grup memainkan aksi dan tarian yang membuat penonton terpukau. Dua puluh lima grup berlomba-lomba menampilkan yang terbaik supaya mendapatkan juara.

Antusias ribuan penonton berdatangan memadati area festival. Mereka berbondong bondong datang ke area parkir kolam renang Waduk Pondok untuk menonton jalanya festival jaranan junior yang di gelar oleh pemerintah kecamatan Bringin.

Saminem (43 tahun),  salah satu penonton acara festival jaranan junior merasa senang bersama anak dan keluarganya, ia  menyaksikan jalannya pelombaan.

“Dengan festival jaranan ini perlu di tingkatkan mas karena bisa menjadi sarana adu pentas seni serta menjadi tontonan hiburan masayarakat untuk keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu, beberapa grup jaranan yang ikut festival jaranan junior merasa, dengan adanya festival tersebut, mereka dapat menunjukkan berbagai atraksi tarian yang mereka miliki dan lebih bersemangat lagi menampilkan permainan terbaiknya, agar dapat menjadi juara dalam festival tersebut.

Persiapan yang Matang

Sukardi, Kasun Kaliwangon dan pawang (BOPO) grup Turonggo Saputro Mulyo, mengatakan, untuk mengikuti festival tersebut grupnya melakukan persiapan yang matang agar hasilnya maksimal.

“Iya mas dalam melaksanakan ikut festival ini kami bersama grup melakukan latihan dan persiapan yang matang dalam beberapa hari sebelum pelaksanaan agar dalam melaksanakan perlombaan bisa mencapai maksimal,” ungkapnya.

Dengan latihan dan  persiapan tiap hari, imbuhnya, akhirnya dari dua grup yang diikutkan, satu grup bisa memiliki harapan untuk menjadi juara dalam festival tersebut.

Acara puncaknya, yaitu penentuan nilai oleh dewan juri.  Pada kesempatan festival tersebut yang keluar menjadi juara 1 (pertama) adalah grup jaranan Ninuk Lego Budoyo, Turonggo Saputro Mulyo sebagai Juara 2 (Dua) , dan juara 3 (tiga),  di menangkan oleh Setyo Budoyo dari Desa Bringin, sedangkan untuk juara 4 dari tuan rumah Desa Gandong yaitu grup seni jaranan Bangun Loyo.

Dengan adanya acara ini, beberapa peserta berharap pemeritah Kecamataan Bringin maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi untuk meningktakan kegiatan festival seni tersebut agar kesenian dan budaya bisa menjadi tema seni dan wisata jujukan di Kabupaten Ngawi.