Semangat dan Fokus, Regu Desa Dero Raih Juara 1

Regu Desa Dero saat menerima hadiah (Foto: Pemdes Dero)

DERO, Ngawi — Dalam rangka membangun masyarakat yang berbudaya dan cerdas hukum dan untuk mendorong masyarakat untuk memahami aturan serta melaksanakan dan mematuhi perundang-undangan yang berlaku dengan tertib dan disiplin, Bagian Hukum Sekretariatan Daerah kabupaten Ngawi melaksanakan Lomba Keluarga Sadar Hukum tingkat kecamatan yang di laksanakan di pendopo kecamatan Bringin yang di ikuti sepuluh regu dari sepuluh desa yang ada di Kecamatan Bringin, pada Selasa, (07/01/2020).

Turut di hadir dalam acara tersebut, Staf kantor kecamatan, Tim Kantor Bagian Hukum Sekertariatan Daerah Kabupaten Ngawi, Dewan Juri Dari OPD Terkait dan semua peserta dari desa seluruh kecamatan Bringin.

Acara ini di buka oleh Camat Bringin yang di wakili Kasi Pemerintahan, Sapto Nugroho SE, dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang tertib hukum, salah satunya caranya adalah bagaimana membangun kesadaran warga agar taat pada aturan dan disiplin melaksanakan aturan.

“Di dalam memasuki kehidupan yang modern bahkan tidak saja modern, dari zaman dahulu di zaman tradisional kita memang sudah diberi pengetahuan cara hidup agar kita ini hidup tertib disiplin dengan mengikuti aturan,” katanya.

Menurutnya, hal ini semakin penting karena mengingat saat ini tata kehidupan masyarakat demikian kian maju dan kompleks dibarengi pula dengan bertambahnya jumlah penduduk, hingga memunculkan ragam kebutuhan baru. Maka itu, tata kehidupan masyarakat yang tertib dan disiplin semakin diperlukan.

“Ini sesuatu yang harus kita dukung bersama-sama karena ini memang satu cara untuk membangun tata kehidupan yang modern untuk mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang berbudaya dan memiliki komitmen untuk memajukan kehidupan yang baik,” ungkapnya.

Ia berharap, lomba ini menjadi media untuk membangun budaya sadar hukum masyarakat di wilayah kecamatan Bringin,”Tambahnya

Semangat dan Fokus

Perwakilan Tim Bagian Hukum Sekertariatan Daerah Kabupaten Ngawi, Suparno, dalam sambutannya mengatakan, bahwa untuk peserta tetep semangat dan benar-benar fokus untuk mengikuti kegiatan ini.

“Nantinya semua peserta regu akan mendapatkan piagam, dan kegiatan lomba ini akan diambil tiga juara, yaitu juara 1,2 dan 3 yang mendapatkan piala dan uang pembinaan. Dan regu mana yang menjadi juara 1 akan di ikutkan lomba keluarga sadar hukum tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu lomba cerdas cermat dengan materi yang disajikan kepada peserta lomba yaitu terkait, Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Menjadi Undang-Undang.

Acara ini berlangsung sangat meriah dan semua peserta regu dari awal sampai akhir sangat semangat dan serius dalam mengikuti kegiatan ini, mulai dari babak pertama yaitu pertanyaan langsung kepada setiap regu dan di dilanjutkan babak kedua, peserta di beri pertanyaan dan kalau tidak bisa menjawab dilemparkan ke regu lainnya dan juga di babak terakhir yaitu adu cepat.

Akhir dari kegiatan Lomba Kadarkum Tingkat Kecamataan adalah pengumuman pemenang oleh Dewan Juri dari OPD terkait, pada kesempatan tersebut, regu dari Desa Dero mendapatkan Juara 1 dengan Nilai 850, Desa Gandong juara 2 dengan nilai 835 dan Desa Krompol juara 3 dengan nilai 560 dengan demikian Tim Regu Desa Dero akan berlanjut dan bersaing di lomba kadarkum tingkat Kabupaten Ngawi untuk mewakili Kecamataan Bringin yang waktunya menunggu jadwal dari Sekretariatan daerah Bagian Hukum Kabupaten Ngawi.

Add Comment