Sensus Penduduk Bulan Juli 2020, BPS Ngawi Gandeng Didi Kempot saat Sosialisasi

Kunjungan BPS ke Desa Grudo (Foto: Pemdes Grudo)

GRUDO, Ngawi − Tahun 2020 Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Ngawi melakukan sensus penduduk. Untuk menunjang kesuksesan program tersebut, BPS Kabupaten Ngawi melakukan sosialisasi dengan menggandeng Didi Kempot dan Kepala Desa Grudo.

Kepastian kabar itu terungkap dari kunjungan tiga pegawai BPS Kabupaten Ngawi di Kantor Kepala Desa Grudo, Selasa (21/01/2020). Mereka menyampaikan bila Didi Kempot dan Kepala Desa Grudo akan menjadi model dalam penyuksesan program.

Sosialisasi sensus penduduk 2020 sendiri akan dilaksanakan pada bulan Februari-Juli 2020. Mekanisme sensus kali ini akan menggunakan tiga tahap. Tahap pertama sensus penduduk online, kedua sensus penduduk wawancara dan terakhir pencacahan sampel.

Sensus penduduk online akan dilaksanakan pada bulan Februari hingga Maret 2020. Dalam sistem ini, masyarakat melaksanakan sensus secara mandiri melalui akun sensus.bps.go.id yang di terbitkan BPS pusat.

Pegawai BPS Kabupaten Ngawi, Resti, saat kunjungan di Desa Grudo mengungkapkan, bahwa BPS telah menyiapkan aplikasi.

“BPS telah menyiapkan aplikasi untuk sarana pengupload data kependudukan,” terangnya.

Sensus Penduduk Bulan Juli 2020

Sensus penduduk dengan wawancara akan dilakukan pada bulan Juli 2020. Mekanisme ini mengedepankan system by name by address yang dilakukan petugas sensus. Hal tersebut untuk memastikakan keberadaan penduduk dan keakuratan data yang akan diinput.

Sedangkan untuk tahap tiga adalah dengan Pencacahan Sampel. Dalam pelaksanaan pencacahan sampel, petugas sensus akan melakukan pengumpulan data informasi kependudukan dari perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya.

Tahap pelaksanan pencacahan sampel akan dilakukan bulan Juli 2020 berbarengan dengan sensus penduduk dengan wawancara. Sebagai penggalian informasi dan data, petugas sensus akan memberikan sebanyak 82 pertanyaan.