SMA Negeri 2 Ngawi Raih Juara 3 Seleksi Kofein Regional Madiun

Siswa SMAN 2 Ngawi juara 3 kompetisi Kofein regional Madiun (Foto: SMAN 2 Ngawi)

Ngawi — SMA Negeri 2 Ngawi berhasil meraih Juara 3 dalam seleksi daerah Kompetisi Farmasi Seluruh Indonesia (Kofein)  regional Madiun, Minggu (12/01/2020).

Seleksi daerah ini diselenggarakan serentak di 19 kota di Indonesia. Tim SMA Negeri 2 Ngawi diwakili oleh Vincha Atilla (XII-8), Takbir Sabda (XI-6), dan Vionha Ridda (XI-7).

Meski belum bisa maju ke tahap selanjutnya, tim SMA Negeri 2 Ngawi berhasil mendapatkan piala daerah dan sertifikat juara. Tentunya hal ini memberikan sebuah kebanggaan tersendiri bagi siswa yang terlibat.

Adapun beberapa materi yang ada dalam soal-soal seleksi daerah meliputi pelajaran Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, dan Pengetahuan Umum Kefarmasian.

Kompetisi Farmasi Seluruh Indonesia (Kofein) merupakan event nasional tingkat SMA/Sederajat dan mahasiswa farmasi di berbagai wilayah di Indonesia yang merupakan salah satu program kerja tahunan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (BEM FF UNAIR).

Bertajuk ‘Prove Your Pharmacy Passion’ Kofein 2020 diikuti lebih dari 8 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Event ini bertujuan untuk meningkatkan hardskill dan softskill siswa SMA/Sederajat dan mahasiswa Farmasi di seluruh Indonesia dalam bidang kefarmasian.

SMAN 2 Ngawi

SMAN 2 Ngawi didirikan pada tahun 1963. Faktanya sekolah ini menjadi SMA pertama dan tertua di Kabupaten Ngawi meskipun namanya SMAN 2. Sekolah ini juga menjadi salah satu tujuan utama bagi siswa-siswi terbaik Ngawi dan siswa dari kota sekitar lainnya.

Smada Ngawi (sapaan akrab SMAN 2 Ngawi) telah mengalami perubahan nama beberapa kali. Mulai dari SMPP, SMAN 3, SMUN 2 hingga sekarang menjadi SMAN 2 Ngawi. Sekolah ini memiliki areal yang paling luas di antara sekolah negeri di Kabupaten Ngawi.

Lokasi geografis sekolah ini berada tepat di antara kampus STKIP Ngawi dan SMA PGRI 1 Ngawi (sekarang pindah ke seberang jalan karena proyek jalan trans Jawa). Sebelum menempati lokasi yang sekarang, Smada menempati gedung pendopo dan SMAN 1 Ngawi sewaktu masih bernama SMPP.

Selama puluhan tahun berdiri Smada telah bertransformasi menjadi sekolah unggulan. Smada pernah menjadi salah satu RSMABI di provinsi Jawa Timur. Meskipun sekarang status internasional telah dihapus, namun prestasi internasional sekolah ini tak pernah berhenti. Setiap tahunnya Smada mengirim putra-putri terbaik mereka untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS. Sejauh ini beberapa negara yang pernah menjadi tujuan siswa smada adalah Amerika Serikat, Jepang dan Thailand.