Di Ngawi, TNI/Polri Gelar Patroli Bubarkan Kerumunan Cegah Penyebaran Covid-19

TNI/Polri menggelar patroli bersama untuk membubarkan kerumunan massa. (Foto: Pemkab Ngawi)

Ngawi- Berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak dalam penanganan pencegahan penyebaran terhadap pandemi Covid-19. Tidak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi.

Beberapa waktu lalu, Senin (23/03/20) Pemkab Ngawi bersama dengan TNI/Polri menggelar patroli bersama untuk membubarkan kerumunan massa. Beberapa tempat kerumunan seperti pedagang makanan atau warung hingga tempat olahraga dihimbau untuk menghentikan kegiatan sementara. Hal ini dilakukan demi keselamatan bersama yakni dalam pencegahan penyebaran penyebaran Covid-19.

Kegiatan ini diawali dengan apel bersama di halaman Polres Ngawi yang dipimpin langsung Kapolres Ngawi, AKBP Dicky Ario Yustisianto. Terkait kegiatan ini, Dicky Ario Yustisianto juga menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah dan berperilaku hidup sehat.

“Serta mentaati aturan pemerintah pusat agar tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting”, tegasnya.

Menurut Sekretaris Daerah Ngawi, Mokh. Sodiq Triwidiyanto, kegiatan patroli ini bertujuan mengurangi penularan Covid-19 yang belakangan ini menunjukkan grafik peningkatan. Sekda menjelaskan bahwa apabila masyarakat ingin membeli makanan, sebaiknya langsung dibawa pulang, agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Jadi kedepan dihimbau, pedagang kaki lima untuk membatasi jam jualannya sampai pukul 21.00,” kata Sekretaris Daerah Ngawi, Mokh. Sodiq Triwidiyanto.

Patroli oleh TNI/Polri

Sodiq Triwidiyanto menyatakan bahwa TNI/ Polri bersama Satpol PP akan terus melakukan patroli hingga ketingkat Kecamatan, desa dan RT/RW. Tidak hanya upaya patroli, Pemkab juga berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Jadi diharap semua masyarakat dapat menerima dan tertib dalam menjalankan aturan dari pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Dicky, pihaknya akan menindak tegas masyarakat yang masih berkerumun ditempat umum.

“Kita akan tindak tegas dan memberikan arahan kepada masyarakat yang masih membandel untuk tidak mentaati peraturan ini. Sebab hal ini kita lakukan untuk kebaikan dan kesehatan masyarakat bersama serta dalam rangka memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yang semakin hari semakin meningkat,” tegasnya.